Kamis, 15 Oktober 2015

Kain Goni Beranjak Naik Citra

 
kain goni
Kain goni atau yang selama ini di kenal sebagai karung goni mulai merangkak naik citranya seiring dengan banyaknya produk yang di buat dari bahan karung goni mulai dari tas karung goni, beraneka pouch, hiasan dinding, kemasan produk, dll. Semoga ini bisa langgeng dan menguntungkan banyak pihak.

Sayangnya kain goni masih di import dari luar dan di dalam negeri sendiri sudah tidak ada yang memproduks karung goni. Mungkin pasalnya karena jenis karung natural ini kalah bersaing dengan karung plastik yang jauh lebih murah. Ini problem mendasar dari dunia perkarungan di Indonesia. Orang lebih condong mencari yang murah ketimbang yang bersahabat dengan alam.

Jadinya di mana-mana sampah plastik menggunung dan susah di serap alam. Pada gilirannya atmosfir kita menjadi semakin panas dan pencemaran lingkungan begitu merusak. Mungkin kita semua berperan dalam perusakan itu dan tanpa sadar kita sedang menmbangun bom waktu untuk generasi yang akan datang. Kesadaran untuk menggunakan material yang aman buat lingkungan rupanya jauh dari wacana publik. Kita senang dengan yang cepat dan praktis kendati itu merusak alam.

Kalau saja bahan karung goni bisa di kembangkan di negeri sendiri dan menjadi industri yang besar niscaya ini akan sangat menguntungkan untuk berbagai pihak dan alam kita. Tanaman rami sebagai bahan baku karung goni pastinya bisa di kembangkan di negeri kita yang tropis ini, sebab pemain terbesar goni di dunia seperti India dan Bangladesh iklimya tidak jauh berbeda dengan iklim di kita.

Mudah-mudahan ada kesadaran kolektif dari kita semua yang melahirkan kebijakan yang positif buat alam dan lingkungan hidup serta pada gilirannya kain goni bisa berperan juga dalam pengembangan ekonomi kerakyatan.


Baca juga: